2.1.11

CARA MEMBINA DENGAN SISTEM AMONG


I.            PENDAHULUAN
1.        Hubungan Pembina Pramuka dengan peserta didik merupakan hubungan khas di mana Pembina Pramuka wajib memperhatikan perkembangan peserta didiknya secara pribadi agar perhatian  terhadap pembinaannya berjalan sesuai dengan tujuan kepramukaan.

2.        Gerakan Pramuka menerapkan prinsip kepemimpinan Sistem Among dalam proses pembinaannya.

II.         MATERI POKOK
1.        Sistem Among adalah sistem pendidikan yang dilaksanakan dengan cara memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk dapat bergerak dan bertindak dengan leluasa.  Sistem Among  memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kepribadiannya, bakat, kemampuan, dan cita-citanya.  Pembina Pramuka sebagai pamong berperan untuk menjaga, membenarkan, meluruskan, mendorong, memberi motivasi serta sebagai tempat berkonsultasi dan bertanya.  Sejauh  mungkin Pembina menghindari unsur-unsur perintah, keharusan, dan paksaan. Dengan memberi kebebasan dan kesempatan berkreasi seluas-luasnya, peserta didik mengembangkan kreativitas sesuai aspirasinya dan memperkuat rasa percaya diri akan kemampuannya.
                              
2.        Sistem Among mewajibkan Pembina Pramuka melaksanakan prinsip - prinsip kepemimpinan sebagai berikut :
a.         Ing ngarsa sung tulada (di depan memberi teladan).
b.        Ing madya mangun karsa (di tengah-tengah membangun kemauan).
c.         Tut wuri handayani (dari belakang memberi daya/kekuatan atau dorongan dan pengaruh yang baik kearah kemandirian).

3.        Kegiatan kepramukaan dengan menggunakan sistem among dilaksanakan dalam bentuk kegiatan nyata dengan contoh - contoh nyata yang dapat dimengerti dan dihayati, atas dasar minat dan karsa para peserta didik.  Pembina Pramuka harus mampu menjadi contoh/teladan peserta didiknya.

4.        Dalam pelaksanaannya, Sistem Among digunakan secara terpadu, tidak terpisah-pisah, satu dengan lainnya saling berkaitan. Oleh karena itu bagi semua golongan peserta didik ( S, G, T, D ) diberikan  keteladanan,  daya kreasi dan dorongan.


5.      Pelaksanaan Sistem Among oleh Pembina

       Keterangan gambar

6.        Dalam melaksanakan tugasnya Pembina Pramuka wajib bersikap dan berperilaku :
a.         jujur, adil, pantas, sederhana, sanggup berkorban, setia kawan, kasih sayang dan cinta kasih.
b.        Disiplin dan inisiatif.
c.         Bertanggungjawab terhadap diri sendiri, sesama manusia, negara dan bangsa, alam dan lingkungan hidup, serta bertanggungjawab kepada Tuhan yang Maha Esa.

7.       Peserta didik dibina sesuai dengan minatnya untuk bekal mengabdi dan berkarya, melalui proses :
a.        Learning by doing, belajar sambil bekerja
b.        Learning by teaching, bekerja sambil mengajar
c.         Learning to earn, belajar mencari penghasilan
d.        Earning to live, penghasilan untuk hidup
e.        Living to serve, kehidupan untuk bekal mengabdi

III.     PENUTUP
Pelaksanaan Sistem Among dalam kepramukaan merupakan anak sistem Scouting methode/metode kepramukaan yang perwujudannya terpadu dengan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Motto Kepramukaan dan Kisan Dasar Kepramukaan.