2.1.11

PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK



( PRODIK)

I.                  PENDAHULUAN
Kegiatan adalah proses memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
a.      Kepribadian
b.     Pengetahuan dan keterampilan
c.      Keinginan, kebutuhan serta kemampuan
    dalam mencapai tujuan sehingga terbentuk manusia yang kreatif, inovatif, pelopor        dan mandiri.

II.               MATERI   POKOK
1.     Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik)/Youth Programme ialah keseluruhan (totalitas) dari apa yang dilakukan Peserta Didik dalam kepramukaan (aktivitas), bagaimana aktivitas itu dilaksanakan (metode) dan alasan mengapa aktivitas itu dilaksanakan (tujuan)
Untuk selanjutnya unsur- unsur Prodik terurai sebagai berikut :
a.      Totalitas   =  meliputi seluruh kegiatan dan pengalaman peserta didik dalam Gerakan Pramuka; merupakan suatu proses progresif pendidikan dan perkembangan pribadi
b.     Apa          =  mencakup semua aktivitas yang diikuti peserta didik, aktivitas tersebut harus menarik dan menantang peserta didik/kaum muda
c.      Bagaimana =  Aktivitas itu dilaksanakan dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among.
d.     Mengapa  = Merupakan alat untuk mencapai tujuan kepramukaan yang berdasarkan Prinsip Dasar Kepramukaan.

2.     Cara menyusun Prodik
a.      Pembina Pramuka menghimpun berbagai macam kegiatan yang diinginkan atau dikehendaki oleh peserta didik
b.     Pembina bersama peserta didik menyusun jadwal kegiatan dengan materi yang sudah disepakati (bisa menjadi materi 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan dst)
c.      Pembina meramu materi kegiatan sesuai dengan Sasaran  Strategik Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka serta dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat;  menjadi kegiatan - kegiatan yang menarik dan menantang, yang siap untuk disajikan.
3.     Sasaran Srategik Gerakan Pramuka
a.      Sikap Moral Pancasila
-         Pengahayatan dan pengamalan Kode kehormatan Pramuka
b.     Keterampilan Manajerial
-         Kepemimpinan
-         Manajemen Satuan
-         Sumber insani ( Human relation )
-         Kehumasan ( Public Relation )
c.      Keterampilan kepramukaan
-         Keterampilan  bertahan (Survival)
-         Olah raga
-         Pengembaraan di alam terbuka
-         Pengabdian
d.     Keterampilan Tekhnologi.

4.     Cara Pelaksanaan Prodik
a.      Pembina menciptakan suasana bekerja secara kemitraan dengan peserta didik dalam melaksanakan Prodik.
b.     Prodik yang bermutu, menarik peserta didik dan kaum muda, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan mendorong kaum muda  lainnya untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pramuka.
c.      Prodik dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan didukung peralatan yang sesuai dan memadai.
d.     Prodik bernuansa baru (selalu mengikuti trend dan perkembangan kebutuhan kaum muda dan masyarakat), bermanfaat dan taat pada Kode Kehormatan Pramuka

  III.         PENUTUP
1.     Dengan adanya Prodik, berarti ;
a.      Kegiatan kepramukaan selalu mengikuti perkembangan jaman.
b.     Kegiatan kepramukaan selalu menarik menyenangkan dan menantang sejalan dengan kegiatan yang sedang menjadi kegemaran peserta didik.
c.      Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan sangat baik karena kegiatannya bernilai kreatif dan rekreatif.

2.     Dengan melibatkan peserta didik dalam penyusunan  PRODIK, peserta didik  diperankan sebagai subjek pendidikan, sehingga program yang tersajikan dilaksanakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.